Ketum LKKS Sumbar, Hj. Harneli Salurkan Bantuan ke Kajai dan Malampah

Ketum LKKS Sumbar, Hj. Harneli Salurkan Bantuan ke Kajai dan Malampah

Padang – Bencana Gempa Bumi yang berpusat 18 kilometer Timur Laut Pasaman Barat, telah menyentak banyak kalangan. Tak terkecuali Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumatera Barat.

Sejak gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter berkedalaman 10 kilometer tersebut menggoyang dan mengakibatkan kerugian besar bagi masyarakat Pasaman Barat dan Pasaman, Lembaga yang dipimpin oleh istri Gubernur Sumatera Barat, Hj. Harneli Bahar menggalang donasi.

“Kami dari LKKS Sumbar segera melakukan penggalangan donasi. Sebagai Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial dan mitra Pemerintah Provinsi Sumbar, maka kami beserta segenap pengurus LKKS bahu-membahu mengimpun donasi dari para donator baik pribadi maupun instansi, lembaga, organisasi dan perusahaan. Alhamdulillah, bantuan itu kami salurkan hari ini,” ujar Ketua Umum LKKS Sumbar, Hj. Harneli sambil turut menurunkan bantuan ke posko, Kamis 3 Maret 2022. 

Ketua Umum LKKS Sumbar, Hj. Harneli Bahar ikut menurunkan bantuan dari para donatur dan dermawan di posko relawan yang sekaligus jadi dapur umum pengungsi Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Kamis 3 Maret 2022.

Menurut Harneli, aksi kemanusiaan yang mereka lakukan semata-mata empati mendalam terhadap korban bencana gempa bumi 6,1 skala richter di pagi Jumat 25 Februari lalu. Sebagaimana diberitakan, ratusan rumah roboh bahkan banyak yang tidak bisa ditempati lagi oleh penghuninya. Sekolah dan sejumlah rumah ibadah ikut rusak akibat gempa tersebut. 

“Saudara kita ditimpa musibah, akankah kita biarkan mereka larut dalam musibah itu. Meratapi nasib akibat kehilangan keluarga dan harta mereka. Harus merasakan getirnya hidup di pengungsian karena hanya membawa baju yang melekat di badan. Kita harus rangkul mereka, ringankan deritanya agar redha Allah SWT senantiasa menyertai kita,” tegas wanita yang akrab dipanggil Umi itu.

Diungkapkan oleh isteri Gubernur Sumbar itu bahwa Ketua Harian LKKS Sumbar Dr. Edi Suandi beserta jajaran tak kenal lelah mengontak mitra dan jejaring mereka. Tak pakai lama, terhimpunlah bantuan diantaranya 1 ton beras, 100 liter minyak goreng kemasan, 100 kilogram gula, 100 lapiak telur, 100 set perlengkapan mandi, dan minyak angin.

Bantuan berupa uang yang disalurkan lewat LKKS Sumbar mengalir ke rekening Bank Nagari No. 2100.0207.32040.6 a.n LKKS Sumbar. Banyak juga yang dibayarkan tunai ke sejumlah pengurus yang dikenal oleh para donatur. Dana tunai ini yang dibelikan untuk menambah paket bantuan yang diberikan.

“Terimakasih terhadap para donatur yang telah mempercayakan bantuannya disalurkan LKKS Sumbar. Kepercayaan saudara, amanah bagi kami. Kami berupaya menyalurkan sebaik-baiknya. Mohon dukungannya jika kami nantinya bakal gelar bedah rumah bagi korban gempa,” ujarnya.

Harneli juga terharu dengan bantuan yang diberikan komunitas-komunitas. Mereka membantu pakaian yang masih bagus, aneka roti, tepung terigu, sabun mandi, detergen dan lainnya. Juga disalurkan keperluan kaum perempuan dan anak-anak balita (pampers dan pembalut) dari komunitas pickleball. Bantuan ini pasti sangat-sangat dibutuhkan di pengungsian.

Bantuan ini diberikan Hj Harneli ke daerah Kampung Parit Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Pemberian bantuan dipusatkan di Mushalla Al-Muttaqin. Sementara untuk daerah Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, pemberian bantuan dipusatkan di posko Relawan Indonesia Pasaman dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Bantuan ini diantarkan Hj Harneli bersama Ketua harian Dr Edi Suandi dan Sekretaris H Boy Hadi Kurniawan S.TP sekaligus Kordinator Tim Reaksi Cepat LKKS Sumbar, Rina Yulianti Bendahara LKKS Sumbar, H Faridansyah S.Pd Ketua Bidang Pemberdayaan LKKS Sumbar, serta pengurus LKKS Sumbar lainnya, Ibu Ice S.Hut, Rita Susanti S.Ag, Nuraini, Anizarni , Rusmen MH, Rinawati M.Si dan relawan LKKS Sumbar Suang K.Syukur M.Pd, Iskandar Daud dan lainnya.

Ketua LKKS Sumbar Dr. Edi Suandi yang didampingi Sekretaris H. Boy Hadi Kurniawan dan Kabid Pemberdayaan H. Faridansyah serta pengurus lainnya menambahkan, pemberian bantuan dilaksanakan secara simbolis kepada sejumlah korban bencana. Selanjutnya diserahkan pendistribusiannya terhadap korban bencana.

Bahkan untuk tujuh titik yang telah direncanakan, LKKS Sumbar bekerjasama dengan Relawan Indonesia Pasaman. “LKKS Sumbar menggandeng Relindo, karena mereka yang lebih paham kondisi di lapangan. Kita harus menghargai dedikasi mereka,” pungkasnya.

Para dermawan yang masih ingin menyumbang, bisa meminta informasi dan melakukan konfirmasi bantuan/donasinya ke nomor 08116600344 (Ardi), 082383671855 (Ice) atau 08117991888 (Zul). Bantuan berupa beras atau paket sembako lainnya, pakaian layak pakai, selimut, perlengkapan anak dan kebutuhan kaum perempuan atau bantuan lainnya sesuai kebutuhan saudara kita, bisa diserahkan ke Kantor LKKS Sumbar di Jalan Pramuka Raya No.10, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat. “Mari berdonasi sesuai niat dan kemampuan. Saudara kita menunggu uluran tangan dari kita. Semoga ini menjadi amal kebaikan bagi semua. Aamiin Yaa Rabal ‘Alamiin,” pungkas mereka nyaris bersamaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
%d blogger menyukai ini: