Diskusi Pemberdayaan UMKM Binaan Universitas Bandar Lampung Dengan DNIKS

Wakil Ketua Umum DNIKS Bpk Hendratmoko didampingi Bpk Joeslin Nasution, bpk Suryo Busono dan Ibu Endang Sugiyarti menerima kunjungan tim dari Universitas Bandar Lampung yg diwakili Bpk Andre selaku bendahara yayasan dan pemilik serta Bpk Syafrudin Staf Ahli Rektor Universitas Bandar Lampung. Kesimpulan diskusi, perlu adanya perubahan mindset dan motivasi bagi 1300 umkm binaan Universitas Bandar Lampung. Direncanakan pelatihan terkait perubahan mindset, motivasi dan pengetahuan tentang pelaksanaan ekspor. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh DNIKS Hub dan Universitas Bandar Lampung secara daring insya Allah. DNIKS Hub akan menyediakan narasumber terkait tema pelatihannya.

Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) mendapatkan kunjungan dari perwakilan Universitas Bandar Lampung, kunjungan dilakukan dalam rangka Perubahan mindset dan motivasi para pelaku UMKM, perubahan mindset adalah salah satu hal yang sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) karena dapat membantu mereka berkembang dan bersaing dalam lingkungan bisnis yang terus berubah.
Perubahan mindset untuk UMKM bisa mencakup berbagai aspek, termasuk beberapa hal dimulai dari Peningkatan literasi digital, dalam era digital, UMKM perlu meningkatkan pemahaman mereka tentang teknologi dan internet. pelatihan dan program pendidikan yang membantu UMKM untuk mengadopsi teknologi digital dan memanfaatkan internet untuk meningkatkan bisnis mereka adalah hal yang positif.
Fokus pada inovasi, UMKM perlu berpikir kreatif dan berinovasi dalam produk, layanan, dan proses bisnis mereka. yang berhasil mengembangkan produk baru atau menciptakan solusi inovatif untuk masalah tertentu dapat memberikan inspirasi kepada UMKM lainnya.
Kolaborasi dan jaringan, Perubahan mindset juga melibatkan kerja sama antar-UMKM dan kemitraan dengan perusahaan lain. Dalam hal ini DNIKS HUB merupakan mitra strategis karena mempunyai berbagai perwakilan di 30 provinsi, kabupaten/kota diharapkan kerja sama dan kemitraan yang sukses antara UMKM bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.
Pendidikan dan pelatihan, Program pendidikan dan pelatihan yang mendukung UMKM dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan mereka adalah penting. program ini dan kesuksesan UMKM yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat menginspirasi UMKM lainnya untuk melakukan hal serupa.
Pemahaman tentang pasar dan pelanggan sangat penting dalam pengembangan UMKM, dalam hal ini Universitas Bandar Lampung bekerjasama dengan DNIKS HUB untuk melakukan pelatihan secara online membahas tentang bagaimana cara memasarkan produk-produk UMKM binaannya dan diharapkan bisa merambah pasar lokal maupun internasional. langkah pertama ialah dengan melakukan riset pasar dan berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka dapat memberikan wawasan bagi yang lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *